MENGHADAPI SEMINAR PROPOSAL

Bagi anda yang mungkin sedang galau menghadapi seminar proposal atau sedang mempersiapkan proposal ada baiknya anda membaca literatur yang satu ini, mungkin saja akan sedikit membantu mengurangi rasa galau anda karena takut dibantai para penguji di altar seminar proposal. tulisan ini saya sadur dari :

http://www.pendidikanislam.net/index.php/untuk-siswa-a-mahasiswa/40-penelitian/474-menghadapi-ujian-proposal.

Kendati ada beberapa jurusan di perguruan tinggi yang tidak mengharuskan mahasiswanya membuat proposal ketika mereka akan menulis skripsinya, ada juga jurusan yang mewajibkan hal itu bahkan mengujinya.  Salah satu jurusan itu adalah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Sunan Ampel Surabaya.  Artikel berikut ini adalah tulisan saya yang saya tulis untuk mahasiswa di jurusan tersebut yang sedang cemas menghadapi ujian proposal.  Mungkin tulisan tersebut bermanfaat bagi mahasiswa lain yang sedang menghadapi masalah yang sama.  Semoga bermanfaat.
1. Maksud diselenggarakannya ujian proposal adalah untuk memastikan bahwa Anda sudah siap untuk melakukan penelitian ilmiah dalam rangka penulisan skripsi (laporan penelitian) Anda.
2. Kepastian itu diperlukan karena, kalau Anda sudah harus melakukan penelitian padahal Anda sebenarnya belum siap untuk melakukan itu, dikhawatirkan Anda akan merasa kebingungan dan kesulitan di tengah jalan.  Ini akan memperlama proses penulisan skripsi Anda dan menghasilkan skripsi yang kurang bermutu.
3. Tugas Anda sebagai penulis proposal adalah meyakinkan tim penguji bahwa Anda sudah benar-benar siap untuk meneliti masalah Anda, bahwa Anda mempunyai pertanyaan yang penting dan amat perlu diteliti seerta belum ditemukan jawabannya oleh orang (peneliti) lain.  Di samping itu, Anda harus  tmeyakinkan tim bahwa Anda menguasai metode penelitian yang cocok/tepat untuk menjawab pertanyaan itu.
4. Untuk mencapai tujuan ujian proposal, biasanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tim penguji adalah sbb:
  • Apakah pertanyaan penelitian yang ingin Anda jawab itu penting?  Mengapa penting?  (Jawaban atas pertanyaan ini seharusnya sudah Anda tulis di bagian latar belakang penelitian (background)dan biasanya tim penguji mencarinya di situ.  Apakah latar belakang penelitian Anda sudah menunjukkan hal itu dengan jelas?)
  • Apakah pertanyaan penelitian yang ingin Anda jawab itu belum terjawab oleh orang lain?  (Jawaban atas pertanyaan ini seharusnya sudah Anda tulis di bagian Review of related literature.  Apakah bagian ini sudah menunjukkan dengan jelas siapa saja yang telah meneliti atau membahas masalah yang terkait dengan penelitian Anda?  Siapa itu, apa judul tulisan/laporannya, kapan penelitian itu dilakukan, di mana, pertanyaan apa yang ingin dijawabnya, bagaimana cara menelitinya, dan apa jawaban atau hasil penelitian yang ditemukannya?
  • Apakah metode penelitian yang Anda pilih cocok/tepat untuk menjawab pertanyaan penelitian Anda?  Mengapa Anda anggap tepat?
  • Informasi (data) apakah yang Anda perlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian Anda? (Kalau pertanyaan penelitian Anda lebih dari satu, jelaskan satu per satu.)  Untuk membuktikan apa informasi tersebut Anda perlukan?  Dari mana informasi itu akan Anda peroleh?  Apakah itu adalah sumber informasi yang valid dan reliabel?  Bagaimana cara memperoleh informasi tersebut?  Apakah cara tersebut valid dan reliabel?
  • Kalau sudah terkumpul, informasi tersebut mau Anda apakan?  Apa yang akan Anda lakukan untuk menganalisa informasi tersebut?  Mengapa Anda lakukan itu?
  • Kira-kira apa yang akan Anda harapkan dapat disimpulkan dari analisa atas informasi yang telah Anda kumpulkan itu?  Apakah itu merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian Anda?
5. Agar Anda dapat segera memberikan apa yang dicari penguji, sebaiknya presentasi proposal Anda sebaiknya disajikan dalam urutan sbb:
  1. Judul skripsi saya adalah ……..
  2. Pertanyaan penelitian yang ingin saya jawab adalah …….
  3. Pertanyaan tersebut saya anggap penting karena (1) ………, (2) ………, dst.
  4. Masalah ini sudah diteliti oleh banyak orang, antara lain: (1) si Fulan dalam laporan penelitiannya yang berjudul ….  Penelitian dilakukan di … pada tahun ….  Pertanyaan penelitian yang dia jawab adalah …..  Metode penelitian yang dia gunakan adalah …..   Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ….  (2) si Badu dst.  (3) si Fatimah, dst.  (semakin banyak hasil penelitian lain yang terkait akan menunjukkan bahwa Anda mempunyai pengetahuan yang luas tentang masalah itu).  Meskipun demikian, penelitian-penelitian tersebut belum menjawab pertanyaan … yang menjadi pertanyaan penelitian saya.
  5. Untuk menjawab pertanyaan penelitian saya, saya memilih metode penelitian …  Metode ini saya anggap tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut karena (1) …, (2) …, (3) …
  6. Informasi (data) yang saya butuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian nomor 1 (kalau Anda mempunyai pertanyaan lebih dari satu) adalah …  Sumber datanya adalah …  Sumber data tersebut saya anggap valid dan reliabel (dapat dipercaya) karena …  Data tersebut akan saya perloleh dengan jalan …  Sesudah terkumpul, data tersebut akan saya analisa dengan cara …  Cara ini saya anggap tepat karena …
  7. Saya berharap dari hasil analisa tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa …  Itu merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian saya.
6. SEMOGA UJIAN PROPOSAL ANDA LANCAR DAN BERHASIL!!! Amien.
One comment on “MENGHADAPI SEMINAR PROPOSAL

Leave a Reply

