petunjuk PKL (praktik kerja lapangan)

PETUNJUK MELAKUKAN PKL

PKL ( praktik kerja lapangan ) merupakan salah satu persyaratan yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa ketika ia akan menyelesaikan program kuliah, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja, tentunya hal ini melatih  mahasiswa agar   nantinya dapat lebih siap untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya . biasanya praktek kerja lapangan ini dimasukkan kedalam  program wajib.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang mahasiswa yang ingin melakukan PKL , agar seorang mahasiswa  bisa mendapatkan nilai “plus” sehingga apa yang dilakukan dalam PKL itu  dapat bermanfaat.harus kita ketahui bahwa program PKL merupakan program kuliah yang hanya dilakukan 1 kali dan mempunyai penilaian yang besar dalam kelulusan seorang mahasiswa baik mahasiswa yang yang akan menyesaikan program D3 atau S1, oleh karena itu maka dalam hal ini kita harus betul-betul menggunakan  segala kemampuan yang kita miliki dan dan harus mendapatkan pengetahuan tentang dunia kerja sebanyak-banyaknya.berikut hal-hal yang perlu diperhatikan seorang mahasiswa yang ingin melakukan PKL menurut pengalaman saya;

  1. 1. putuskan dimana anda ingin melakukan PKL

Tentunya hal ini sangat penting untuk memulai, anda harus menemukan dan mengidentifikasi tempat dimana anda akan melakukan PKL, ketika anda mencari tempat PKL maka kita harus menselaraskan antara jurusan anda dan tempat yang akan anda pilih sebagai tempat PKL, jangan sampai jurusan yang anda tekuni tidak behubungan dengan tempat PKL yang akan anda pilih sehingga anda tidak dapat menambah pengetahuan dan mengaplikasikan pengetahuan yang anda miliki.

2. cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan anda pilih.

Setelah anda memutuskan tempat, maka berikutnya cari informasi sebanyak- banyaknya mengenai tempat yang anda pilih, hal ini akan banyak membantu dalam memberikan gambaran umum tentang tempat tesebut dan meyakinkan anda memilih tempat tersebut.biasanya informasi tersebut dapat lebih mudah anda dapatkan dengan melihat website yang mungkin tersedia di internet.

3. kunjungi tempat yang akan anda pilih.

Setelah mendapatkan informasi dari tempat tersebut, maka tidak ada salahnya anda mengunjungi kantor tempat anda akan melakukan PKL, sekedar untuk menanyakan apakah tempat tersebut menerima mahasiswa PKL atau tidak, jangan sampai anda telah membuat surat permohonan namun tempat tersebut tidak menerima mahasiswa PKL, tentunya hal ini akan merugikan waktu anda.

4. buat surat permohonan untuk melakukan PKL.

Setelah anda yakin dengan tempat yang  anda tentukan maka buatlah surat permohonan PKL yang ditandatangani oleh ketua jurusan dan Dekan fakultas anda. Setelah itu kirim surat permohonan anda ke tempat dimana anda akan melakukan PKL, biasanya surat ini cukup dititipkan di bagian kepegawaian instansi atau personalia.dan jangan lupa untuk mengambil nomor telepon yang bisa dihubungi pada tempat tersebut untuk mendapatkan konfirmasi dari surat permohonan anda.

Berikut contoh surat permohonan PKL.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA

Alamat : Kampus UNM Parangtambung, Jl. Dg Tata Makassar, 902224 Telp. (0411) 861509

23 juni 2010

Nomor             : 2241/H36-5/PL/2010

Lamp               : –

Hal                  : Permohonan PKL

Yth Pemimpin

BANK  MUAMALAT

Makassar

Dengan Hormat,

Disampaikan bahwa dalam rangka penyelesaian studi. Mahasiswa program Business English, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa Dan sastra, Universitas Negri Makassar diwajibkan melakukan Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 2 (dua) bulan terhitung mulai bulan Juli – Agustus 2010. Sehubungan dengan itu, kami mohon kiranya Bapak/Ibu menerima mahasiswa yang tersebut namanya dibawah ini untuk melakukan PKL pada instansi yang Bapak/Ibu pimpin:

Nama                           : Muh. Fajaruddin yunus

NIM                            : 0 8 5 2 1 3 0 8 2

Jurusan/Prodi              : Bahasa Inggris/Business English

Nama                           : Andi Anasrullah

NIM                            : 0 8 5 2 1 3 0 8 3

Jurusan/Prodi              : Bahasa Inggris/Business English

Nama                           : Sudarman

NIM                            : 0 8 5 2 1 3 0 9 6

Jurusan/Prodi              : Bahasa Inggris/Business English

Demikian permohonan kami, atas kerja sama yang baik di ucapkan terima kasih.

Mengetahui :

Dekan FBS UNM                                                       Ketua Prodi Business English

Dr. Mansur Akil, M.Pd. Samtidar, S.Pd.,M.Ed.,TESOL.,Ed.D

NIP. 19590617 19851 1 001                                      NIP. 19740905 200112 1 002

5. SETELAH ITU SILAHKAN TUNGGU SURAT KONFIRMASI  ANDA.

..…………   SELAMAT PKL  ………………..

Advertisements

One comment on “petunjuk PKL (praktik kerja lapangan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s