Kenapa Mahasiswa UNM Selalu Tawuran ??

Gadget Unik - Jual Beli Aman

Mungkin ketika kita mendengar kata UNM (universitas Negeri Makassar) maka yang tergambar dalam benak kita adalah kampus yang mahasiswanya sering melakukan tawuran dan kekerasan sebagaimana yang sering ditunjukkan  oleh media elektronik yang tentunya berdampak negatif pada image mahasiswa universitas negeri makassar itu sendiri , disadari atau tidak hal ini secara langsung memberikan dampak buruk bagi para mahasiswa Makassar pada umumnya karena orang orang diluar Makassar akan mengeneralisir pendapat mereka tentang mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Sebenarnya tawuran itu hanya  dilakukan oleh segelintir mahasiswa namun  memberikan dampak yang luas termasuk semua alumni UNM itu sendiri, banyak perusahaan yang akan mempertanyakan jika alumni Universitas Negeri Makasar mencoba mendaftar diperusahaan mereka. Mereka akan bertanya apakah anda termasuk mahasiswa yang sering melakukan tawuran atau demo anarkis ? tentunya pertanyaan ini memberikan kita sinyal akan pandangan dan pemikiran orang terhadap UNM, mereka mengira semua makhasiswa Universitas negeri Makassar pernah melakukan tawuran atau demo anarkis.

Kadang permasalahan yang menyebabkan tawuran di UNM sebenarnya Cuma masalah sepele dan seringkali masalah tersebut hanya  masalah individu salah satu mahasiswa fakultas yang dibawa-bawa atas nama kelompok dan fakultas sehingga masalah tersebut menjadi masalah dalam skala antar fakultas sehingga terjadilah tawuran,,, juga antar fakultas. 

              Satu pertanyaan bagi saya sebenarnya apa yang membuat hal ini terjadi di universitas yang sekarang menjadi tempat saya menuntut ilmu,  menurut saya dan teori yang saya pernah saya dengar dari teman-teman   ada banyak hal yang menjadi faktor permasalahan tersebut yang pertama adalah kondisi psikologis sebahagian mahasiswa yang masih labil sehingga mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dianggap sebagai tantangan dan mungkin saja sebagai penghinaan terhadap mereka, buntutnya muncullah sikap solidaritas tanpa batas dimana ketika salah satu anggota kelompok yang bermasalah mulai menceritakan masalah mereka dengan kelompok, disinilah masalah kecil ini menjadi masalah yang melibatkan kelompok, fakultas atau bahkan atas nama daerah masing-masing. Jika masalah telah melibatkan atas nama daerah maka yang menjadi sasaran penyerangan dan pengrusakan adalah asrama-asrama para mahasiswa daerah tertentu. Jika melibatkan atas nama fakultas maka satu-sama lain fakultas yang berdekatan akan bentrok dan terjadilah kerusakan dan saling serang antar fakultas dan akhirnya kaca, motor, mobil ruang perkuliahan dan fasilitas yang ada di fakultas akan menjadi korban d dari masalah yang ada.

                Faktor kedua yang ada adalah masalah ospek, tidak bisa dipungkiri ospek yang saya alami dulunya di UNM ini cukup membuat sebahagian para calon mahasiswa takut dengan momok ini karena mereka akan menjalani masa-masa seperti dijajah oleh senior mereka sendiri,saya masih ingat ketika dulu tahun 2008 mengikuti ospek yang penuh dengan nuansa kekerasan secara fisik walaupun  dalih para senior katanya untuk menguatkan mental para mahasiswa namun sepertinya hal itu sudah diluar batas dan tidak ada korelasinya dengan sistem pendidikan yang ada. tapi calon mahasiswa sekarang tidak usah khawatir, karena sekarang pihak universitas telah meniadakan dan melarang secara sepihak prosesi ospek yang kadang kala menuai berbagai masalah disetiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2011 lalu belasan mahasiswa senior terpaksa harus di DO (drop out ) karena melanggar aturan dari pimpinan fakultas dan universitas. Kenapa saya mengatakan bahwa ospek menjadi salah satu faktor tawuran karena ketika ospek (dulunya) kita memang selalu didoktrin tentang siapa musuh kita walaupun itu fakultas sebelah, kemudian dalam prosesi ospek (dulunya) memperkenalkan kekerasan jadi tercipta sebuah paradigm yang salah dalam menyelesaikan masalah dan egoisme kelompok.

                Yang ketiga adalah karena bentrok dan tawuran yang ada biasanya hasil settingan orang-orang tertentu yang punya kepentingan-kepentingan tertentu dan yang menjadi korban adalah mahasiswa (mengerti maksud saya???.BAGIAN YANG KETIGA INI SAYA TIDAK BISA BERBICARA BANYAK KARENA BELUM ADA BUKTI yang saya dapatkan  hanya sekedar menginformasikan  teori-teori  yang saya dengar dari beberapa sumber   kampus orange ini.

Jadi menurut  anda  apa penyebab masalah ini ????

 

Bluetooth Earphone
Pen Kamera
TV Laptop

Toko Online

Advertisements
By DJ89 Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s