PROGRAM KOMPUTER

                                   

alam menjalankan computer maka sangat dibutuhkan adanya program computer yang mendukung jalan dan lancarnnya computer sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh user maka ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam program computer itu sendiri Program computer terbagi dalam 3 element , System operasi, Bahasa pemrograman dan Program aplikasi

Berikut akan dijelaskan satu persatu mengenai program computer.

 MM-03

                                                         PROGRAM KOMPUTER

A. System Operasi

Setiap Komputer pasti  memiliki yang namanya Sistem Operasi, dimana  sistem operasi tersebut bekerja untuk melakukan tugas, seperti mengirimkan inputan yang masuk melalui keyboard, mengirimkan output tampilan ke layar monitor, menjaga file dan direktori agar tetap terjaga pada tempat penyimpanannya, dan tentunya mengontrol  perangkat tambahan lainnya seperti disk drive, printers dan perangkat lainnya.

Untuk sebuah sistem yang besar, operating sistem memiliki tugas dan fungsi yang lebih besar, layaknya seorang penjaga lalu lintas, dimana operating sistem bertugas untuk mengatur program aplikasi berbeda yang berjalan dalam jangka waktu yang sama tanpa boleh saling bertabrakan atau crash satu dengan yang lainnya.

Sistem operasi juga memiliki tanggung jawab terhadap keamanan, memastikan bahwa pengguna yang tidak dikenali tidak dapat mengakses sistem komputer.

        Kemudian system operasi ini mempunyai beberapa fasilitas dan kegunaan yang sangat bermanfaat untuk user dalam penggunaan computer diantaranya adalah

1. boot loader = fasilitas ini sangat berguna dalam menghidupkan computer dan ini merupakan fungsi paling awal yang sangat dibutuhkan computer.

2. format media simpan = berguna media simpan  seperdi disket, harddisk dan memory flash harus diformat dlu sebelum dipakai.

3. organisasi file = menyimpan file dengan berbagai jenis file.

4. komunikasi =  system operasi memiliki fasilitas untuk mengatur hubungan computer melalui jaringanlokal, jaringan seluler, Bluetooth dll.

5. pengaturan computer = system operasi menyediakan fasilitas kepada pemakainnya untuk mengatur konfigurasi omputer. Misalnnya ketajaman gambar dan jenis printer yang digunakan.

Kemudian ada beberapa CONTOH dari system operasi  yang sudah biasa digunakan yaitu

1. DOS= sistem lama yang berbasis teks , cocok untuk komputer dengan kinerja yang terbatas misalnnya cash register untu kasir ditoko.

2. synbian = system ini digunakan pada beberapa merek  telepon seluler  misalnya nokia dan sony ericsson

3. ms. Widows 95/98 = sistem berbasis grafik yang cocok untuk penggunaa individual

4.MS.windows nt 2000 = system berbasis grafi yang cocok untuk computer yang ada dalam jaringan LAN

5. LINUX= system operasi baru yang diedarkan secara gratis dan terbuka

6. system macintosh = system operasi  berbasis grafis yang digunakan  untuk komputr macintosh

7. unix/xenix= system operasi untuk computer mainframe dan mini computer.

B. Bahasa pemrograman

Bahasa Pemrograman adalah Suatu notasi yang digunakan dalam uraian – uraian algoritma dan struktur data untuk berkomunikasi dengan komputer.

Kemudian yang menjadi  kegunaan bahasa pemrograman adalah untuk membuat program aplikasi, yaitu program yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan jenis tertentu.

 

Pada masa lalu , bahasa pemrograman digolongkan dalam 3 kelompok menjadi low level language, assembly language dan high level language.

Low level language = dikatakan demikian karena sulit dimengerti oleh pemakainnya , karena menggunakan kode kode biner atau digital untuk menjalannkan perintah.

Assembly language = yaitu bahasa computer yang sudah menggunakan istilah atau singkatan dalam bentuk huruf, seperti add, mov, sto dan end

High level language = dikatakan demikian karena mudah dimengerti oleh pemakainnya bahasa computer jenis ini sudah menggunakan kata-kata ( dalam bahasa inggris)

 

Bahasa komputer merupakan sarana komunikasi yang menjembatani antara manusia dengan komputer. Proses pemrograman komputer , bukan sekedar menulis suatu urutan instruksi yang harus dikerjakan oleh komputer , akan tetapi

Bertujuan untuk memecahkan masalah serta membuat pekerjaan atau yang lainnya , yang diinginkan oleh pemakai ( user ).

 

 C. Program Aplikasi

Ada ribuan jenis program aplikasi yang tersedia di took- took computer, yang dibuat tersendiri oleh pemakainya. Maupun yang ada di internet. Pemakai computer tidak mungkin dan tidak perlu  memiliki semua program computer, melainkan hanya perlu memiliki program yang sesuai dengan kebutuhannya program aplikasi dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya ;

 

 

 


                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements
By DJ89 Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s